Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Jember memiliki Program Studi Sarjana Fisika dan Program Studi Magister Fisika.

Program Studi Sarjana Fisika telah terakreditasi A pada tahun 2017. Sebagai institusi resmi yang menyelenggarakan pendidikan jenjang sarjana, PS Fisika telah menjamin mutu dan kompetensi lulusan melalui status akreditasi peringkat A yang dikeluarkan oleh BAN PT (SK No. 1852/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017 yang dikeluarkan pada tangggal 6 Juni 2017). Sebagai upaya untuk menjaga kesinambungan jaminan lulusan melalui reakreditasi, maka PS Fisika melakukan beberapa persiapan. Program kerja PS Fisika diupayakan pada kegiatan pencapaian kualitas lulusan yang unggul melalui efisiensi, efektivitas dan kemudahan proses pembelajaran dan layanan akademik menggunakan teknologi informasi yang semua kegiatannya diupayakan terintegrasi melalui aplikasi sister.unej.ac.id secara single sign one (SSO) satu account untuk banyak keperluan. Pada aplikasi ini tersedia berbagai menu online untuk berbagai keperluan seperti e-learning, tugas akhir, perkuliahan, perwalian dan lain-lain.

Perbaikan kinerja jurusan yang merupakan bagian dari tridharma PT dilakukan secara berkesinambungan dan terencana dengan melibatkan seluruh civitas akademika. Khususnya riset dosen dan tugas akhir mahasiswa jurusan fisika (prodi) telah mewadahi dalam 5 kelompok bidang ilmu (KBI) yaitu KBI Fisika Komputasi, Fisika Material, Geofisika, Biofisika dan Elektronika-Instrumentasi

Program Studi Magister Fisika terakreditasi B pada tahun 2019. Program Studi S2 (Magister) Fisika FMIPA didirikan dengan mengingat sangat pentingnya peran hasil penelitian bidang: fisika material, elektronika-instrumentasi, biofisika, fisika komputasi serta geofisika untuk diaplikasinya dalam membentuk perkembangan teknologi dan industri maju di bidang agroindutri pertanian, energi terbarukan, kesehatan atau lingkungan lingkungan bagi pembangunan nasional. Keberadaan Program Studi ini sangat penting dalam meningkatkan keunggulan komparatif dan kompetitif produk industri nasional sehingga menjadi produk unggulan yang mampu bersaing di pasar global sehingga dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas nation competitiveness. Program Studi S2 (Magister) Fisika FMIPA memiliki 5 (lima) kelompok Bidang Minat, yaitu : Fisika Material, Elektronika-Instrumentasi , Fisika Komputasi, Biofisika dan Geofisika.