Dalam sebuah proses belajar (kuliah) diperguruan tinggi, mahasiswa dipersiapkan untuk mendapat bekal yang cukup baik ilmu maupun ketrampilan untuk terjun dan beradaptasi dalam dunia kerja, memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri, mampu melakukan manajemen diri meraih sukses masa depan, dengan tetap memiliki senses untuk menjaga keharmonisan dan keseimbangan alam dan lingkungan.

Mahasiswa Jurusan Fisika selam mengikuti perkuliahan telah diajarkan banyak pengetahuan dasar mengenai kelilmuan Fisika. Namun demikian pengetahuan Fisika yang diperoleh dalam ruang kuliah belum sepenuhnya disertai dengan aplikasi nyata dalam dunia nyata khususnya kerja yang akan mereka hadapi di masa mendatang setelah lulus kuliah. Kegiatan praktikum yang dilaksanakan selama kuliah adalah pembekalan praktis dasar dalam akuisisi, pengolahan, dan analisis data. Banyak hal lain yang aplikasinya perlu dipelajari diluar matakuliah yang diberikan. Salah satu wadah yang digunakan adalah proyek tugas akhir.

Salah satu kegiatan yang dapat memberi penguatan penerapan ilmu fisika dalam kehidupan nyata adalah kegiatan workshop. Kegiatan ini selain dapat bersinergi dengan program Tugas Akhir (TA) mahasiswa juga dapat mendukung kemampuan lulusan yang berdaya saing sehingga mampu mengelevasi peluang kerja mahasiswa. Dalam era kini, bidang yang cukup menarik untuk dipelajari adalah metode geofisika untuk mitigasi bencana, instrumentasi fisika medis, dan metode komputasi untuk penyelesaian beberapa permasalahan Fisika. Ketiga hal tersebut, merupakan pilihan tema untuk kegiatan workshop di Jurusan Fisika pada tahun 2017 ini.